Mode Hijab

Jilbab masamu kini.

Bukan kritisi terhadap maraknya jamaah pengguna jilbab sekarang ini, tapi coretan ini hanyalah pandangan saya sebagai insan yang mengamatinya. Dulu sekitar 6 tahun lalu saya hanyalah seorang newbie yang belajar mengenakan kerudung. Belajar bagaimana agar rambut tidak terlihat, kemudian mencoba untuk nyaman mengenakannya. Jauh dari alih-alih agar terlihat modis dan gaul. 

Sekarang-sekarang ini muslimah yang mengenakan jilbab sedang marak-maraknya. Memang pengaruh sosok yang terkenal mengambil andil besar terhadap fenomena ini. Sebut saja artis Inneke K, Marshanda, Zaskia Sungkar, dan Desy Ratnasari. Mereka sedikit banyak pasti mempengaruhi cara pandang sebagian orang tentang jilbab. Walaupun tertutup, toh artis tersebut masih terlihat cantik dan gaya.

Pengaruh mode fesyen yang dikenalkan oleh perancang-perancang muda juga semakin meramaikan ragam gaya berjilbab. Sebut saja Dian Pelangi yang karya-karyanya menginspirasi para pengguna jilbab (hijabers) agar merasa pede dengan hijabnya. Tentu saja dengan balutan rancangan dan padu padan yang baik. 

Belum lagi, ramainya tren baju selebriti dipasaran. Hampir semua orang mengenal gamis syahrini, kerudung ashanti, sampai kerudung april jasmin. Benar, hal itu juga membuat pengguna hijab akan merasa gaya dan modis walaupun tetap menutup auratnya.

Tapi, entahlah tren jilbab sekarang bagi saya kok malah membuat jengah. Semakin banyak model baju hijab yang dikenalkan semakin membuat orang-orang apalagi newbie menjadi konsumtif. Siapa yang akan rela caranya berhijab ketinggalan jaman? 

Jujur saya juga merasakan gejala ini. Saat model paris booming, saya mulai menyimpan koleksi jilbab katun saya. Terus saat model kerudung paris meredup, muncullah model kerudung dengan ciput ninja dan pashmina. Saya tentu juga mencoba model ini. Sekarang entah apalagi model kerudung yang sedang digandungi hijabers. 

Ya, saya lelah melihat fenomena ini. Siapa sih yang tidak mau kelihatan cantik dan gaya? kemudian menjadi lelah melihat pola konsumtif hijabers dan gaya mereka. Tapi mungkin juga karena saya merasa ketinggalan mode? merasa ketinggalan gaya? bisa jadi.

Saya pernah membaca disatu artikel yang membahas tentang keutamaan penggunaan hijab, salah satunya berbunyi begini, "menghindarkan para wanita untuk selalu mengikuti mode pakaian dan menjadi konsumtif". Hmm, rasanya malah sekarang terjadi sebaliknya. Hijab telah menjadikan wanita konsumtif. Itu menurut pendapat saya.

*model: Nike A. Sari

Komentar

  1. kkk~ itu tergantung orangnya juga, berarti, Dek... Sy masih setia sama gaya jilbab SMP saya... Xixixi~ ;D
    Malah, lebih suka bergo-an,,, hehehe #abaikan#

    BalasHapus
  2. dedeeeek.. :D
    (komen ga penting hehe)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Operasi Tulang Hidung Bengkok

A Long Road to Get Drivers License in NC

Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas