Pengalaman Operasi Tulang Hidung Bengkok

Pengalaman menjalani operasi/ surgery saya alami untuk kedua kalinya tanggal 18 April kemarin. Wuff lagi-lagi masih berhubungan dengan Telinga Hidung Tenggorokan (THT). Sebelumnya 4 tahun lalu, pada bulan Mei 2009 saya menjalani operasi gendang telinga. Operasi ini dilakukan tidak direncanakan. Waktu itu sebenarnya ayah saya yang sedang dirawat dan saya cuma iseng sekalian periksa telinga karena pilek. Ternyata pas dilihat dokternya, gendang telinga saya sebelah kiri sudah bolong. Dokter menyarankan untuk operasi. Jadilah, besoknya saya langsung masuk ruang operasi. 

Narsis di detik-detik mulai operasi, biar semangat.

Sejarah penyakit per-THT an saya memang sudah eksis semenjak saya kecil. Saya ingat sejak SD saya bolak balik ke dokter THT langganan di Belitung, Dr. Hendro. Gejala yang saya rasakan macam-macam, kalau dulu masih kecil suka keluar cairan, kemudian serasa tersumbat, tidak seimbang, sampai kurang mendengar. Dimasa kuliah, parahnya ditambah saya alergi, seperti debu, AC, dan dingin. Begitu juga kalau udara lembab dan sedang lapar (asli beneran) biasanya alergi langsung menyerang. Gejala alerginya sangat menyiksa, biasanya keluar cairan kental dan bening dari hidung, gatal disekitar hidung sampai pangkal mata, pusing, dan keringatan. Kalau sudah kumat tidak ada yang bisa dilakukan selain tiduran. Sediakan tisu yang banyak dan cepat-cepat bikin minuman hangat.

Parahnya kondisi ini ditambah saya suka berenang. Memang dokter dari awal banget melarang saya berenang. Bahkan saya sebenarnya sudah divonis tidak boleh berenang sama sekali. Tapi gimana ya, namanya hobi. Hampir setiap berenang ujung-ujungnya saya ke dokter THT. Jadilah ke dokter THT sudah tidak terhitung lagi. Capek sih..

Setelah menjalani operasi gendang telinga 4 tahun lalu saya kira permasalahan selesai. Selama 1 tahun saya puasa berenang dan mengurangi es. Namun, gejala yang saya rasa juga tidak berkurang. Alergi dingin dan AC sudah berkurang, tapi debu masih. Saya juga sering merasa telinga ada yang aneh. Tiap flu atau pilek pasti saya ke dokter. Selain itu saya selalu merasa was-was, jangan-jangan gendang telinganya sobek lagi. Ahh tidaaak!!

Kekhawatiran saya semakin memuncak ketika dalam kurun Desember 2012- Maret 2013 saya sudah tiga kali bolak balik ke dokter THT. Sebenarnya apasih masalahnya? Konsultasi terakhir dengan dokter THT di Kimia Farma Bogor, Dr. Andi R. Jenie, beliau mengatakan kalau tulang hidung saya yang bengkok memang sebaiknya diluruskan. Agak deg-degan saya ceritakan kondisi tiga bulan terakhir saya ke orangtua. Saya capek bolakbalik ke THT dan mengkonsumsi obat, dan solusi lain memang ada, yaitu operasi.

Alhamdulillah orangtua saya setuju untuk tindakan operasi. Dulu waktu operasi gendang telinga di RS. MMC Jakarta, maka untuk operasi kedua ini kami memutuskan untuk ke RS. Proklamasi khusus THT Jakarta. Dokter yang menangani operasi saya masih sama, yaitu Dr. Adelena Anwar. Dokternya sama karena beliau juga praktek di RS. MMC. Dengan memilih Dr. Adelena saya merasa ini adalah pilihan terbaik mengingat beliau sudah mengetahui riwayat kesehatan saya sebelumnya.

PRA OPERASI
Hari Senin 15 April lalu saya dan kedua orangtua datang ke RS. Proklamasi. Karena dokter yang memeriksa waktu itu dan saya punya jadwal operasi yang tidak match maka pihak RS menyarankan untuk diperiksa oleh dokter yang lain. Ternyata Dr. Adelena ada waktu praktek besok siangnya. Kami menyetujuinya.

Selasa siang saya diperiksa oleh Dr. Adelena. Saya mengatakan keluhan-keluhan saya dan menanyakan kemungkinan operasi. Tak disangka beliau menanyakan hal ini "kamu yakin ini karena hidung bengkok?, kalau ternyata bukan gimana? kalau ternyata memang telinga yang salah gimana?". Wew.. iya juga kata saya dalam hati. Beliau menambahkan "oke, coba kamu cek pendengaran dulu di atas, nanti kita lihat hasilnya. Jangan-jangan memang telinga kamu yang kurang dengar". Saya mengangguk.

Hasil tes pendengaran 1
Hasil tes pendengaran 2
Setelah menunggu sebentar, saya disilahkan untuk menjalani tes pendengaran. Tes pendengarannya ada dua tahap. Pertama, ada semacam alat yang dimasukkan ke lubang telinga. Kedua, telinga saya dipasangkan earphone dan didengarkan suara seperti ring telepon. tuut.. tuut.. begitu. Saya disuruh untuk memencet tombol bila mendengar suara. 

Dokter mempelajari hasil tes pendengaran saya dan bilang oke untuk operasi. Operasi yang dilakukan kata dokternya operasi konstruksi tulang hidung. Jadi yang bengkok diambil. Setelah memcocokkan jadwal antar tim dokter maka keputusan waktu operasi adalah hari Kamis, 18 April pukul 18.00. Angka yang cukup bagus.

Setelah tahu kepastian tanggal, saya sore itu menyempatkan pulang ke Bogor untuk keperluan pengambilan dokumen. Sekalian beres-beres pakaian untuk opname. What a busy time. Halah.
Hasil rontgen

Hari Kamis pagi saya dengan barang-barang persiapan opname tiba di RS. Pagi itu saya dipersilahkan untuk tes darah dan rontgen. Darah yang diambil sebanyak dua tabung reaksi kecil dan untuk rontgen di bagian kepala dan dada. Mulai pukul 12.00 saya diharuskan puasa. Puasanya cukup 6 jam saja. Jadi selama menunggu jam puasa saya puas-puasin dulu makan dan minum, hahhhaa. Saya, Ibu dan Bang Firman pun sampai sempat-sempatnya belanja ke Atrium Senen. Saya makan roti banyak sekali. Roti kan lumayan menahan lapar. Hhehe.








Sekitar pukul 12.30 saya kembali ke RS. Kali ini langsung masuk ke kamar rawat. kamarnya No. 206. Bagitu nyampai kamar, perawatnya langsung menyuruh saya untuk tiduran dan naikin baju sampai ke leher (please ini kebutuhan kesehatan :P). Agak ngeri juga pas liat perawatnya bawa alat yang banyak kabel-kabelnya. Lalu alatnya dipasang di pergelangan kaki dan dada saya. Deg deg deg..  Lalu datang perawat yang lain untuk mengukur tekanan darah saya. Ternyata tekanan darah saya rendah sekali, 90/60. Perawatnya sampai geleng-geleng. Memang sih seharian itu saya rasanya lelah dan deg-degan terus.

Ketegangan terjadi sekitar pukul 14.30. Dr. Adelena sms ke saya mengatakan bahwa hasil tes darah saya tidak bagus. Kami langsung menelepon beliau. Setelah ngobrol ditelepon ternyata leokosit saya rendah, dan dokternya mengatakan kemungkinan  ada virus atau lainnya. Namun beliau akan mengkonsultasikan kondisi saya dengan dokter anestesi memungkinkan tidak dioperasi hari itu atau tidak. 

Whuaah.. Saya tegang sekali. Sudah tekanan darah rendah banget ditambah lagi hasil tes darah tidak bagus. Saya sudah pasrah saja kalau operasinya ditunda ya sudah gpp. Hiks.. perasaan sudah campur aduklah. 

Sambil harap-harap cemas, sekitar pukul 17.00 dokter menyuruh saya untuk tes pendengaran lagi. Kenapa ya? 
Sekitar pukul 18.30 saya dipanggil oleh perawat cowo untuk bertemu dokter anestesi. Aah gila, saya deg degan disko. Iya perawatnya ganteng :). Saat bertemu dokter anestesi beliau keliatan bolakbalik berkas saya, menanyakan berat saya, dan aktivitas olahraga saya. "Saya biasanya jogging dan renang dokter", jawab saya. Beliau masih mempelajari berkas-berkas saya, lalu dateng dua orang pemuda lagi mengenakan baju biru untuk operasi. And you know? both of them are handsome. OMG! "oke, bisa gpp, dia pasti kuat kok" dokter anestesinya bilang begitu. Dua ganteng + perawat ganteng langsung mengiyakan. Ah lega..

Saya kembali ke kamar dan ganti baju biru untuk operasi. Pakai bajunya ga usah pake bra ya kata perawatnya (perawat cewe ini). Tiba-tiba Dr. Adelena datang, "Dek, jam 6 ya mulainya, oia hasil tes pendengarannya  lebih bagus hari ini". "Oh gitu dok, oke", jawab saya. 

SAAT OPERASI

Pukul 18.00 saya sudah dipersilahkan untuk masuk ruang operasi. Guila, ontime banget. "Maaf sus, orangtua saya sedang keluar, tunggu bentar ya". "Oke, jangan lama-lama ya".

Lalu 5 menit kemudian, dari ruang pengeras kamar, "sudah siap belum?". "Wah belum sus, orangtua saya belum dateng, mungkin bentar lagi". "Oke, 10 menit lagi ya". 

Bener deh 10 menit kemudian, Ibu-Bapak saya datang dengan tergesa-gesa. Tanpa ba-bi-bu, saya langsung diantar mereka menuju kamar operasi. Di depan ruang operasi Ibu-Bapak bergantian menyium dan memeluk saya. OHMY... itu rasanya sedih banget. Persis disinetron-sinetron. Beneran. "Hati-hati nak, bedue, kami menunggu di luar" ucapan terakhir Ibu saya. 

Begitu masuk ruang operasi, rasa deg-degan itu masih ada. Mirip perasaan operasi 4 tahun lalu. Saya liat sekeliling, banyak peralatan medis. Ada sekitar 6-7 orang di ruangan itu. Mereka memakai baju warna biru semua, persis seperti saya. Bedanya cuma saya ga pake beha. Saya disuruh naik ke atas tempat tidur operasi. Saya liat lagi sekeliling. Ada lampu terang di atas kepala saya, ada monitor, dan ada dokter yang ganteng itu. Ahh damai rasanya :).

Saya baca bismillah, saya pasrah. Seandainya sesuatu terjadi, saya sudah "mencoba" ikhlas. Terakhir yang saya ingat, dokter cowo mengikat tangan saya ke tempat tidur dan dokter cewe mencari pembuluh darah di
punggung tangan sebelah kiri saya. Setelah itu.. saya tidur. Ohiya, seperti operasi 4 tahun lalu, begitu naik ke tempat tidur, saya sudah menyiapkan mental/ mengikhlaskan/ memasrahkan/ pura-pura ga ingat bahwa bagian atas tubuh kita akan dilihat (oleh dokter ganteng) dan dipasangin alat. Ini salah satu hal yang "berat". 

PASCA OPERASI

Tulang yang dikeluarkan
Sekitar 20.30 operasi selesai. Saya merasa sadar itu setelah berada di kamar rawat. Saya mendengar suara Ibu saya, Bapak saya, Bang Firman, perawat. Lalu saya mendengar suara sahabat-sahabat saya Cita, Nike, dan Nurmadiah datang. Subhanallah sekali mereka ini, datang jauh-jauh dari Bogor dan menengok saya pas selesai operasi. Managemen waktu yang baik. Haha.

Saya mendengar seluruh percakapan yang terjadi di kamar itu. Saya mendengar, tapi tidak mampu merespon. Saya merasa sulit bernapas, saya begitu sadar sudah langsung bernapas melalui mulut. Hidung saya totally dipasangin tampon dan ditutup perban. Saya merasa sangat haus.





Suster bilang "nanti jam 10, sudah boleh dikasih minum". Alhamdulillah kata saya dalam hati. 
Teman-teman yang datang mulai rempong.
"Foto yuk-foto yuk?" 
"Yuk, kamu di sini sen"
"Bucil, jangan disitu nutupin kak ubo"
"Bo, senyum bo"
"Iya kak, senyum dong, lagi foto nih"

"KAMPRET" umpat saya dalam hati. gw denger kali semuanya, sayang aja ga bisa bales. Hah!

Menjelang pukul 10 malam.
"Eh jarinya gerak tuh"
"Eh iya, iya"
"Mau apa Bo?"
"Nak ape dek?"
"Minum mak". 
Ah akhirnya bisa keluar kata itu. Akhirnya saya minum dengan sedihnya setetes demi setetes menggunakan sedotan. 
Kondisi pascaoperasi
Malam itu, saya dan tiga teman tadi nginep di kamar opname dengan kondisi saya setengah sadar. Sekitar pukul 02.00 pagi saya berasa mau pipis. Dengan rempong saya sukses pipis sambil megangin impus. FYI.

Keesokan harinya, saya sudah bisa ngomong lancar dan sudah agak nyaman bergerak. Tidak enaknya hidung yang disumbat dan harus napas melalui mulut. Maka, hai para pembaca. Nikmatilah makanan yang ada selagi bisa. Karena Anda belum tau gimana itu rasanya makan, minum, napas, dan berbicara hanya melalui 1 lubang, mulut. Rempong.
Tapi kondisi ini masih lebih baik dibanding keadaan pascaoperasi gendang telinga. Dulu, begitu sadar dari operasi yang terasa kepala berat, karena setengah kepala ditutup perban. But, dua-duanya ga enak. Enakan sehat wal afiat, yuk jaga kesehatan :).  

Mulai pagi itu dan hari-hari setelahnya mas perawat ganteng selalu memantau saya. Nganterin makan, nyiapin obat minum, gantiin perban, sampai nyuntikkin obat. Another fun selain Jewel Stars yang di hengpon. Aktivitas saya itu-itu saja. Makan, main Jewel Stars, nonton TV, ke kamar mandi, disuntikkin obat, ngenet, dan nungguin mas perawat ganti perban. Halah. Ohiya, nemenin yang ngejenguk.
Disuntikkin antibiotik

Daftar obat
Akhirnya, Pas setelah mandi ria, Minggu sekitar pukul 11 siang, Mas perawat bilang kalau perban hidung saya sudah bisa dibuka dan Dr. Adelena sudah datang.  Hyeyh. Sama Dr. Adel saya dipersilahkan untuk duduk dikursi pasien. Mas perawat menyiapkan peralatan dan memanggil suster poly. Perban saya dibuka, lalu tampon yang menyumbat lunag hidung kanan saya ditarik. "Ini rasanya kurang enak ya Dek, kamu tahan"

Tampon ditarik. OMG!!! rasanya sampai ketenggorokan sakitnya. Bressshh. Airmata saya mulai keluar. 
Perih sekali rasanya. Saya liat ke monitor. Lubang hidung bagian dalam terlihat sudah agak lapang. Dokter lanjut ke lubang bagian kiri. OOHHMMGG!! sakitnya lebih dahsyat. Sesaat saya serasa menelan darah. Mas perawat sigap melap darah yang menetes dari hidung saya. AAhh... Lalu dokter juga menggunakan alat hisap untuk menghisap darah yang menggenang di dalam hidung. Terakhir mengambil kapas yang menyumbat telinga sebelah kiri saya. 

Alhamdulillaaaaah... Plong plong plong.
"Jadi Dek, telinga kamu itu ngga ada masalah. Yang bermasalah memang tulang hidungnya dan ternyata ada konka yang besar sekali di sana. Saya bilang ke dokter lain, pasti ini anak suka susah napas" jelas Dr. Adel.
"Oh gitu dok, iya memang saya suka flu gitu Dok", jawab saya. 
Dokter menuliskan resep dan menjadwalkan hari kontrol saya.
Saya dan Ibu kembali ke kamar. Beres-beres sambil nunggu mas perawat nganterin obat dan berkas administrasi. 

Rangkaian operasi selesai sudah. Rabu kemaren saya kontrol dan alhamdulillah hasilnya baik. Kontrol selanjutnya di Bogor aja. Mudah-mudahan ini pengalaman terakhir saya di bidang surgery. Hopely no more sickness di THT saya. No more antibiotics, no more drugs. Amieeen. 

Thank to everybody who came to the hospital. Cita, Husen, Bucil, Ka Fahmi, Menyeng, Mba Ndah, dan semua support maupun doa dari kawan-kawan terkasih. LUVUOL.

Komentar

  1. tulisan yang masih cukup baru hehe.. kebetulan saya sedang mencari-cari info utk operasi hidung yg sk mampet. apakah ini operasi septoplasty karena ada deviasi septum ?
    kalau boleh tahu habis biaya berapa total nya ?
    saya lebih takut utk bius lokal daripada bius total.
    saya berencana dalam waktu dekat utk cek ke rs tht prof nizar dan rs proklamasi. bbrp tahun lalu sdh pernah cek up di husada dan disarankan operasi, tetapi belum siap mental.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk biaya buat pengguna bpjs mandiri kelas 2 ga keluar biaya sepeser pun dr mulai masuk pendaftaran ruang Igd,rawat inap,tindakan operasi,kontrol smp selesai.
      Untuk pembiusan total yg di masukan lewat infusan,pd saat di operasi pun kita ga sadar & ga kerasa sakit sm skali krn kita terlelap...
      Sadar nya pas sudah siuman & hidung di sumbat menggunakan tampon....jd untuk kesehatan ga usah di ragukan lg...
      Jujur karna saya baru pulih dr operasi deviasi septum tgl 23 agustus 2018😊

      Hapus
    2. Apakah BPJS mengcover semua biaya?

      Hapus
    3. Embak, saya uda tiga kali oprasi, tapi tdak ada perubahan, gimana solusinya mbak....

      Hapus
  2. Wah kalau untuk istilah medisny sy kurang paham, tp kl hidung saya itu memang bengkok sebelah kanan dan ada byk konka yg besar2 dibelakangny. Saat operasi, tulang dan konka ny diambil. Skr bernafas jd lebih lega, n utuk buang cairan ingus jg gampang, g mampet2 lg. biaya operasi sy ditanggung asuransi jd tuk biaya jlsny langsung ke rs nya ja mas. semoga membantu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah operasi hasilnya ada seperti jahitan di hidung ga kak? saya disuruh operasi karena tulang hidung sy bengkok cuman sy takut

      Hapus
    2. Jahitan pasti ada benang jahit yg langsung jd daging,klau tulang yg bengkok di angkat kurang lbh 3 jahitan di dlm hidung,wajar klau anda takut krn berpikiran hal yg mengerikan tp yakin setelah paska operasi bs bernapas lega lg krn tulang yg bengkok tsb ssh lurus/sama

      Hapus
  3. Pengalamannya sama mbak. Saya suka pilek gak sembuh-sembuh, diagnosis awal sinusitis. Ternyata pas rontgen ada hipertropi konka. Jadilah dioperasi 28 Mei 2013 lalu. Konka di kedua lubang hidung akhirnya dioperasi. Lumayan nggak enak hampir 3 hari nafas dan makan/minum lewat mulut. Kadang mikir dulu mana yang mau didahulukan. Untungnya nafas dah bener-bener lega sekarang....nikmat sekali bisa menghirup udara dengan sebebasnya.
    Semoga kita semua sehat selalu.

    BalasHapus
  4. Halo, saya mengalami hal yg sama. Rencana minggu depan 18 jun 13 akan operasi tulang hidung bengkok ini. Tks atas sharingnya.. Nanti setelh operasi saya share kembali.

    BalasHapus
  5. kalau saya mengalami pukulan 7 tahun yg lalu di bagian hidung kiri, awalnya masih bisa saya tahan, dan tidak pernah pemeriksaan ke dokter, tapi akhir2 ini, terasa sangat menggangu sekali, susah untuk bernafas teratur, susah tidur, gampang pusing, cemas, kosentrasi terganggu, dll, masalahnya tulang rawan dihidung kiri saya menempel sehingga menghambat jalur udara, saya menyesal, saya belum konsult pd dokter, sekarang saya mencoba untuk berobat, apakah itu harus dioperasi atau ada alternative lain selain operasi, tolong saya, (saya pernah trauma operasi tumor di bagian rahang bawah, masalahnya saya berobat sendiri tanpa dampingan keluarga, hanya di temanin 1 orang sahabat dekat) ibu saya shock, jd emang sengaja ga boleh d RSU, saudara saya tidak care (emang kami hidup nafsi2, soalnya kami laki2 semuanya, dan ga masalah sih sekarang, dulu sempat down) maka dari itu mohan bantuannya saran dan usul, 081261391557, masalah biaya operasi alhamdulillah saya bisa, kn cuma ada sedikit ketakutan aja, makannya saya butuh teman

    BalasHapus
  6. admin,,, dari pengalamanya berapa biaya operasi patah tulang hidung mbak..???

    BalasHapus
  7. Hidung saya sangat bengkok,,akibat di pukul,,dan ini sangat mengganggu penampilan saya,dan saya kurang percaya diri,,
    saya nanya di tht,jl.proklamasi,mahal banget,15 juta harga operasi nya,
    saya berdoa mudah2an suatu saat sy bisa operasi

    BalasHapus
  8. mbak, yang dirasakan pasca operasi apa?sering terasa nyeri gk hidungnya, terus masih sering pilek jg gk kalo kena debu dan dingin?

    BalasHapus
  9. Sebulan pascaoperasi keluhan seperti alergi dll hilang, tapi sekarang ini saya merasa mulai kambuh kembali. Alergi debu dan dinginnya muncul lagi. Tapi kalau nyeri di bagian hidung tidak pernah..

    BalasHapus
  10. Makasih sharing ceritanya ya mbk... Aq emang lagi cari-cari info tentang hidung yg bengkok, soalnya suami aq jg gitu. Mungkin bbrp hr ke depan akan operasi.

    BalasHapus
  11. wah mbak sama pengalamannya,,tp saya dah operasi 2th yg lalu,,dari cerita mbak sama persis kayak yg saya rasakan waktu itu,berasa waktu itu lama banget biar bisa hidung lega n bisa buat nafas lagi secara 3 hari ditutup tampon terus selama 2 minggu harus bolak-balik RS buat ngebersihin hidung yg masih dikasih perban juga,,berasa pengar kalo hidung dibersihin..tp pasca oprasi jadi enak gak penah flu kyk sebelum oprasi ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jadi takut deh..mau.operasi...sqt bgd ya?'saya.baca blog ini jd.down..soalnya skrg lg penjdwalan.tuk operasi hdung.bengkok...

      Hapus
  12. buat teman2 yg mengalami masalah di hidung mungkin bisa cek http://www.kaskus.co.id/thread/51f8f598a2cb17af0f000004/pengalaman-ane-berobat-ke-penang--malaysia sbg referensi jg..
    sy sendiri sudah 3x rontgen dan dinyatakan tidak sinusitis, tetapi tulang hidung memang bengkok, sy tidak ke penang utk operasi, tetapi skrg malah terapi alergi saya, karena hasil pemeriksaan lab memang sy alergi terhadap debu dan kecoa, selama terapi alergi dan jika alergi sy tidak bereaksi, bernafas menjadi ringan dan sedikit sekali ingus dan kotoran hidung yg keluar. sy konsultasi dgn dokter sy, memang tdk ada jaminan jg setelah operasi tulang hidung dan pembuangan konka akan terus bernafas lega, kembali lagi apakah konka nya bereaksi parah terhadap allergen atau tidak.

    BalasHapus
  13. Terimakasih atas respon dari pembaca semua. Alhamdulillah setelah hampir setahun lewat pasca operasi saya merasa lebih sehat, sekarang sudah tidak pernah alergi sm debu atau dingin. Tapi saya blm berani untuk berenang. Takut kumat lagi..

    BalasHapus
  14. mba itu yg dibuang tulang hidung? trus kondisi hidung mb gmna?

    BalasHapus
  15. Nah sebelum operasi saya juga tanya dokter tentang hal ini, beliau mengatakan kemungkinan malah hidung saya bisa lebih mancung dibanding pesek, karna mereka bisa menyisipkan tulang tersebut dibagian dalam, tp yg terjd pd saya, tulang hidung saya terlalu pendek jd tdk bisa disisipkan/ dibuat mancung. hehehe. Pasca operasi bentuk hidung saya ga berubah kok.

    BalasHapus
  16. sy punya masalah yg sama mba, mau operasi tp luar biasa takut. jd mba operasi hari kamis trus buka perban hari minggu? berarti di opname sekitar 4 hari mba? mksh banyak ya info nyaaa

    BalasHapus
  17. Iya benar sekali. Jangan takut, ingat aja biar lebih sehat. Sudah hampir setahun pasca operasi saya tidak pernah ke THT lagi. Semangat!

    BalasHapus
  18. makasih banyak ya mba :))

    BalasHapus
  19. my lovely husband jg berencana operasi hidung, sbenarnya saran dokter sudah sejak 2011. tp blm jg siap mental berbaring dimeja operasi. Insya Allah bln depan br terlaksana. Pengalaman anda smakin memantapkan niat belahan hati saya untuk bertarung dg pisau operasi. tengkyu, sist...

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah tulisan saya sedikit membantu. Semoga operasinya lancar jaya ya mb dan masa pemulihannya juga cepat.

    BalasHapus
  21. salam kenal...
    saya juga mengalami hal yg sama...
    kalau blh tau,, bagi yang sdh pernah operasi...
    tolong bagi infonya dong tentang biaya operasinya..
    m'ksh sebelumnya :)

    BalasHapus
  22. Suami sy jg rencana mau operasi hidungnya bengkok dan rhinitis alergi, tp sy yg takut, mohon bantu doanya yah mba, semoga lancar kyk mba, makasih sharenya mba membantu mengurangi ketakutan sy :)

    BalasHapus
  23. kalau tulang hidung yang melebar kayak geser gitu.ada yang tau gak itu kenapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya ke THT nti akan ditindak lanjuti" klo meunurut saya itu deviasi septum nasi

      Hapus
  24. salam kenal..
    setelah membaca artikel mbak.. penyakit adik saya sepertinya sama dg mbak dan akan operasi tanggal 12 juni ini, saya & ibu sangat khawatir.. sy berharap semoga operasi adik sy berjalan lncar & diberi keberanian kyk mbk. amin.

    BalasHapus
  25. Amiin.. Jangan takut, InsyaAllah lancar yaa :)

    BalasHapus
  26. Saya mengalami hal serupa..deviasi septum nasal yang harus diluruskan kata dokter.saya jujur takut sekali karna tidak pernah dirawat di rumah sakit,tiba2 mendengar kata oprasi rasanya gimana gitu.setelah mendengar pengalaman mbak saya cukup dikuatkan.sepertinya tidak semenakutkan yg saya pikir.trima kasih byk :)

    BalasHapus
  27. Senang sekali tulisan saya sedikit mengurangi ketakutan. Iya santai saja, Mudah-mudahan lancar operasinya ya :)

    BalasHapus
  28. mbak, tlg jawabannya.
    apakah saat operasi, kulit hidung luar disayat/dibelah?

    trims jawabannya

    BalasHapus
  29. Tidak ada sayatan atau bekas apapun di kulit hidung saya mas. Semuanya tetap normal seperti sebelum operasi. Semoga membantu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak pasca operasi pembengkokan tulang hidung apa ada bekas jahitan atau wajahnya berubah??mungkin hidungnya da bekas operasi??

      Hapus
  30. mbak apakah setelah operasi itu semuanya akan terasa membaik ?? apakah nyaman dan tidak ada gangguan lain??
    itu operasinya di mana??

    terimkasih

    BalasHapus
  31. Salam Kenal..
    Saya mengalami hal serupa dengan mbak.. deviasi septum nasal. Setelah saya membaca artikel mbak, ada dilakukan pemeriksaan fungsi pendengaran. Mbak, apakah gangguan telinga dapat menyebabkan hidung sering tersumbat..

    Terima kasih...

    BalasHapus
  32. Mbak saya baru operasi seminggu yang lalu, tapi kenapa yah gangguan d hidung saya gak hilang. Masih tetap sering mampet, yang kiri sesekali plong yang kanan sejak operasi belum pernah plong. Klo udah mampet 2 2 nya terpaksa nafas lewat mulut lagi. Apakah ini normal mbak? Atau saya harus menunggu sebulan dulu baru hasil operasinya terasa? Mohon dibalas yah, udah capek soalnya bolak balik RS mulu... :(

    BalasHapus
  33. Salam kenal Maya,

    Kalau dikasus saya, sebelum operasi hidung sering sekali tersumbat. Kalau kata dokternya dulu itu karena tulang hidung saya bengkok sehingga terjadi penyempitan. Aliran udara dan cairan tidak bisa bebas keluar masuk. Karena hal ini, jika saya blow kencang hidung yg tersumbat maka tekanan akan lari ketelinga, nah makanya telinga saya jdnya yg bermasalah. Kalau sebaliknya, gangguan telinga menyebabkan hidung tersumbat saya tidak tahu. Kiranya berkonsultasi ke dokter saja. Semoga membantu.

    BalasHapus
  34. Hi Kang Mumu, apakah sudah pernah kontrol ke dokter pasca operasi? seminggu pasca operasi sampai sebulan dulu saya dijadwalkan untuk kontrol. Nah, saat kontrol lubang hidungnya dibersihkan dari sisa jaringan dan benang jahitan. Mungkin hal tersebut yang sekarang menyebabkan hidung mas tersumbat. Alhamdulillah setelah kontrol saya tidak pernah mengalami gangguan sampai sekarang. Mudah-mudahan membantu ya.

    BalasHapus
  35. Salam kenal..
    Mbak saya mau tanya.. Saya baru saja melakukan operasi tgl 26 agt 2014, hari pertama setelah operasi tampon saya dicabut, setelah dicabut sampai dengan 3 hari, hidung saya msh mampet oleh darah dan ingus.. Saya ingin tanya:
    1. Apakah wkt dulu setelah cabut tampom mngalami hal yang sama dengan saya? Atau langsung lega?
    2. Setelah operasi, berapa lama waktu sampai benar benar pulih (kontrol dokter dll)?

    BalasHapus
  36. Salam kenal kembali,
    Seingat saya dulu setelah seminggu pasca operasi dan kontrol saya langsung lega. Pas kontrol pertama dikasih obat lagi dan dibersihkan semuanya. Untuk benar-benar pulih saya rasa sekitar satu bulan ya mas.

    BalasHapus
  37. Mbak satu lagi pertanyaan tolong dijawab yah... saya tertarik utk berobat ke rs tht proklamasi. Karena udah 2 minggu ini blmaa perubahan setelah operasi d rs lain. Mbak pakai asuransi apa sehingga biaya nya di cover? Tolong kasih tau yah mbak. Makasih sebelumnya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas klo blh tau apa nama operasinya ? Krn sy baru 4hr lalu operasi dan mmg masih meler trs bercampur darah sedikit2. Masih suka mampet. Jenis operasi yg sy tempuh "posterior nasal neurectomy" (pemotongan syaraf dan pengikisan tulang yg bengkok). Sy kembali kontrol rencananya selasa ini. Pls share lg mas.. tq. Maria

      Hapus
  38. Tks ya.atas infonya .Saya juga mengalami pembekokan tulan hidung sebelah kanan tapi tidak ada pilek. kalaw untuk bicara,suara terasa di hidung.dan saat habis lari-lari telinga sesaat tidak bisa mendengar dengan jelas setelah beberapa detik dan ambil napas panjang setelah itu hilang...rencana tanggal 15-09-14 akan menjalankan oprasi.

    BalasHapus
  39. Kalaw boleh tau sejak pertama mau di oprasi sampai slesai boleh pulang berapa hari?

    BalasHapus
  40. Hi Kang Mumu, bagaimana sekarang apa sudah mulai lega? saya waktu itu pake asuransi Bumiputera.

    BalasHapus
  41. Hi Mas Puji, Semoga operasinya lancar ya. Saya rasa dari persiapan sampai selesai sekitar lima hari.

    BalasHapus
  42. Hai Mbak.. Mau nanya lagi, saya udah 2 minggu lebih pasca operasi di RS Mitra Kemayoran, kenapa saat buang ingus msh ada bercampur darah, apakah dulu mbak seperti itu juga? Terakhir kontrol rabu kemarin, saat dibersihkan dokter, msh ada darahnya, apakah dulu saat kontrol mengalami hal yg sama? Terima kasih sebelumnya buat jawabannya

    BalasHapus
  43. Seingat saya dulu sih ga selama itu mas. tp mungkin masih belum kering sj di dalamnya. Mudah2an cepat normal ya mas..

    BalasHapus
  44. saya abis oprasi amandel, ternyata ga ada perubahan, nafas tetap berat, tetap mampet hidung, jg kadang ada ingusnya. pernah divonis tulang hidung sy bengkok. tp bnyk jg dokter yg bilang sy alergi, jd lobang hidung saya membengkak, kl bahasa kedokterannya ''Hipertrofi konka nasalis'' ya?.

    pertanyaan sy apakah abis dioprasi nafas jd lega?, ga mampet2 lg?ga pilek2 lg?...krn hidung saya(terutama sebelah kiri), sering mampet, malah kadang2 lg ga ada inguspun jg mampet.

    oh iya disini dgn kasus yg sm tulang hidung bengkok, ada yg sampe tenggorkannya jg jd berdahak ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy sama mas. Tp diagnosa dokter sy rhinitis vasomotor (bkn alergi) yg menyebabkan konka2 bengkak dan selalu turun dahak dibelakang tenggorokan yg bikin sy selalu nelan lendirnya terus2an plus jg hidung bengkok. Baru 4hari lalu menjalani operasi pencabutan syaraf2 hiperaktif yg menyebabkan pembengkakan berikut pengeratan tulang yg bengkok. Istilah medis jenis operasi ini posterior nasal neurectomy. Kata dokter sih kecil skl kemungkinannya utk kambuh lagi. Hanya s.d skrg hidung msh meler dan somtime mampet. Mgk belum bener2 sembuh kali ya secara baru banget traumanya. Salam kenal, Maria

      Hapus
  45. saya ingin bertanya, apakah setelah operasi ini berpengaruh pada rahang anda?
    karena saya baru menjalani operasi ini 2 minggu yg lalu dan sampai sekarang rahang saya tidak bisa seelastis seperti semula, makan tidak bisa buka mulut terlalu besar, sikat gigi juga jadi tidak nyaman, menguap juga jadi terasa sakit dan seperti ada yg tertarik di rahang ini.... terus kuping saya juga jadi lebih berminyak... apakah anda mengalami hal yg sama dan berapa lama baru kembali seperti semula? terima kasih

    BalasHapus
  46. saya mau tanya...itu pas operasinya, dibius total ya? jadi selama operasi kita tdk sadar? kemungkinan saya juga harus operasi hidung nih, mohon doanya semoga diberi kekuatan... :)

    BalasHapus
  47. hello.. thanks buat sharingannya.. aku juga mengalami hal yang sama.. diagnosa awal sinus, kemudian operasi sinus tapi ternyata salah diagnosa. katanya ada pembengkokan tulang dan harus operasi lagi. saat itu masih sd. masih gak berani jadi gak dilanjutin operasinya. sekarang masih suka mampet, susah napas, masih keluar cairan walaupun lagi gak pilek dan napasnya cuma satu lubang.. sepertinya memang perlu adanya operasi lagi. tapi masih belum berani :( :( :( dokter pernah bilang operasinya bisa berjalan sampai 6 jam :( #jadicurcol hehe btw boleh tau kira2 butuh biaya berapa? dan apa kah setelah operasi hidungnya sudah kembali normal?

    BalasHapus
  48. salam kenal mba, saya juga mengalami hal yang hampir sama, diagnosa awal sinusitis kepala sering pusing seperti Vertigo kemudian dokter menganjurkan operasi setelah city scan ternyata saya mengalami pembengkokan tulang / sekat hidung bahasa kedokterannya (Septum Deviasi)...ducch mba denger harus dioprasi rasanya takut bgt .......saya bilang sama dokter nanti aja ya dok pikir pikir dulu....
    Ada yang saya tanyakan ke mba apakah setelah oprasi indra penciuman kita normal dan meninggalkan bekas luka sayat oprasi pada hidung...?, makasih ya mba untuk jawababnya dan klo boleh saya minta pin BB atu no hp saya pingin dech share langsung dengan mba megenai oprasi tulang hidung yang bengkok...please mba email
    Pian_Numus@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sama mba yg di alamin sekarang " yg saya rasakan sama" rasa deg2an kawatir gak karuan"klo saran dokter kita turutin saja" yg penting percaya semua obat dari allah" dan kesembuhan dari allah"

      Hapus
  49. Salam kenal mba....boleh saya minta pin bb atau wa nya? Anak saya mengalami penyakit sedikit mirip dgn mba. Ada yg mau saya sharing dgn mba. Ini email saya...elly_jaw@yahoo.com.au....thx y

    BalasHapus
  50. berbagi pengalaman juga, feb 2015 operasi yg sama di THT proklamasi. 3 hari dirumah sakit. yang tidak enaknya adalah ketika hidung ditutup..... menyadarkan bener dah kita harus bersyukur bisa berafas. 3 hari hidung ditutup... pas cabut tampon Alhamdulillah bisa nafas.

    tapi ternyata pengalaman tutup hidung belum usai, malam hari nya setelah cabut tampon hidung mampet lagi, dengan kotoran hidung dan darah yang mengental. nga tahan (gak bisa tidur) besoknya kerumah sakit lagi minta sedot lagi.. wah banyak bangets kotoran padahal baru diberishkan.

    seminggu sekali sedot kotoran selama 1 bulan, banyaknya kotoran karena luka mulai mengering sehingga kotoran hidung nempel pada bekas luka dan menumpuk sampai hidung mampet dan ga bisa nafas. bisa dikatakan pemulihan pasca operasi setiap orang berbeda. akhirnya saya bersihkan sendiri upil yang menempel pada bekas luka dengan alat congkel (secara medis tidak disarankan bersihkan seperti ini) kebetulan istri beli korek kuping yang ada senternya bisa kelihatan deh upil gede2 pada nempel.

    Biaya operasi 30 jutaan, setiap pasien bisa beda2 ya... setiap kali control / sedot hidung dengan alat endoskopi + obat semprot 700 ribu. kondisi sekarang juni 2015 hidung masih terasa ngilu kalau dipegang agak keras. kesimpulan pribadi: jangan operasi kalau benar2 tidak terpaksa.

    hidung ditutup = nga bisa nafas, susah makan, susah minum, nga bisa tidur, lidah kering karena nafas pakai mulut. dijamin cara cepat turunkan berat badan. :) thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mba kalo blh tau yg ini operasinya dgn dokter siapa?

      Hapus
  51. saya mengalami kejadian serupa. saya tak bisa bernapas drngan baik dikarenakan pasca operasi banyak sekali lendir seperti ingus menyumbat hidung saya.. apakah kejadian ini normal ? sampai kapan berlangsung sperti ini?

    BalasHapus
  52. Baru malam ke dua setelag operasi dan cabut tampon... Gak bisa tidur sama sekali hidung masih mampet dua duanya....

    BalasHapus
  53. Mbak admin, 12 Juli 2015 saya juga Operasi Hidung karena hantaman benda tumpul yg mengakibatkan tulang hidung saya patah dan dari lubang hidung saya robek keatas hingga 5cm.
    Setelah operasi hidung saya masih bengkok kesamping dan bekas jaritannya masih sangat jelas, lubang hidung kanan dan kiri saya jadi berbeda ukura, dan ini yg membuat saya tidak percaya diri ketika berada ditempat umum. Jujur saya sering depresi dengan keadaan saya sekarang ini. Maka dari itu saya berniat untuk operasi lagi untuk menormalkan bentuk hidung saya lagi.
    Saya mohon sarannya mba, trims

    BalasHapus
  54. Mbak admin, 12 Juli 2015 saya juga Operasi Hidung karena hantaman benda tumpul yg mengakibatkan tulang hidung saya patah dan dari lubang hidung saya robek keatas hingga 5cm.
    Setelah operasi hidung saya masih bengkok kesamping dan bekas jaritannya masih sangat jelas, lubang hidung kanan dan kiri saya jadi berbeda ukura, dan ini yg membuat saya tidak percaya diri ketika berada ditempat umum. Jujur saya sering depresi dengan keadaan saya sekarang ini. Maka dari itu saya berniat untuk operasi lagi untuk menormalkan bentuk hidung saya lagi.
    Saya mohon sarannya mba, trims

    BalasHapus
  55. Mbak, operasi hidung bengkok? Apakah tulang hidungnya dikeluarin!!?
    Thanx...

    BalasHapus
  56. Sebulan yang lalu sy baru operasi sinusitis..ada infeksi di sinus maksilaris kanan dan pembengkakan khonka..tindakan operasi cauter khonka sm washing jaringan yang menyumbat..smpai skr msh terus ngeluarin sisa2 kotoran dari dlm hidung,sempat drawat dRs Borromeus Bandung..biaya operasi sekitar 17jt :)

    BalasHapus
  57. Sebulan yang lalu sy baru operasi sinusitis..ada infeksi di sinus maksilaris kanan dan pembengkakan khonka..tindakan operasi cauter khonka sm washing jaringan yang menyumbat..smpai skr msh terus ngeluarin sisa2 kotoran dari dlm hidung,sempat drawat dRs Borromeus Bandung..biaya operasi sekitar 17jt :)

    BalasHapus
  58. Sebulan yang lalu sy baru operasi sinusitis..ada infeksi di sinus maksilaris kanan dan pembengkakan khonka..tindakan operasi cauter khonka sm washing jaringan yang menyumbat..smpai skr msh terus ngeluarin sisa2 kotoran dari dlm hidung,sempat drawat dRs Borromeus Bandung..biaya operasi sekitar 17jt :)

    BalasHapus
  59. Waw...pengalaman yang sangat bermanfaat. Saya yang sudah berada di Penang untuk operasi bengkok tulang hidung, jadi sedikit ragu dan takut operasi ini dengar kesaksian teman teman yang masih butuh waktu pembersihan sisa kotoran setelah operasi. Padahal 2 bulan lalu ketika difoto, dokter THTnya bilang hanya perlu waktu operasi sekitar sejam dengan biaya sekitar 6500 RM atau 20 jt. Sepertinya saya perlu cari second opinion di Dr THT lain, separah apakah jika tidak harus operasi? Tapi sekali lagi pengalaman pengalaman ini sangat membantu kita sebagai masukan sebelum mengambil keputusan.

    BalasHapus
  60. Waw...pengalaman yang sangat bermanfaat. Saya yang sudah berada di Penang untuk operasi bengkok tulang hidung, jadi sedikit ragu dan takut operasi ini dengar kesaksian teman teman yang masih butuh waktu pembersihan sisa kotoran setelah operasi. Padahal 2 bulan lalu ketika difoto, dokter THTnya bilang hanya perlu waktu operasi sekitar sejam dengan biaya sekitar 6500 RM atau 20 jt. Sepertinya saya perlu cari second opinion di Dr THT lain, separah apakah jika tidak harus operasi? Tapi sekali lagi pengalaman pengalaman ini sangat membantu kita sebagai masukan sebelum mengambil keputusan.

    BalasHapus
  61. di RS ssmedika Jakarta aja, lebih nyaman tuh rumah sakit THT Bedah dan pasti sembuh deh tim dokter tht bedahnya under prof Helmi (suhunya dokter-dokter THT di Indo ), saya sudah kemana mana, sembuhnya di sana, memang waktu awal kaga yakin karena rs nya agak sepi, tapi ternyata puas banget sama pelayanannnnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hasil nya gimana mba Siti setelah operasi di SS Medika? Anak saya rencana juga mau operasi di SS Medika, tulang hidung bengkok sehingga. Napas hanya dari satu lubang hidung saja, uda ke prof Helmi di sarankan di operasi, estimasi 24 jutaan

      Hapus
  62. Kak saya mengalami hal serupa,setelah operasi, kira2 berapa hari ya kak agar bisa normal melakukan aktivitas kembali? Soalnya saya tidak ingin menganggu jadwal ujian mandiri saya kak, mohon respon

    BalasHapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Sekarang yg saya rasakan sama dengan kalian" saya tinggal menunggu persetujuan orang tua" untuk proses operasi" saya minta do'anya yah semuanyaaa"

    BalasHapus
  65. Alhamdulilah saya dari tgl 1 agustus sdh melakukan operasi septoplasty" skrng pasca operasi sdh 3 hari hidung masih mampet walaupun tampon sdh di buka" 4 hari bertahan nafas lewat mulut" sampe bibir tenggorok dan mulut keriiiiiiinggggg" yah semoga sdh rajin kontrol kedepannya akan membaik" Saya kapok masuk rs" apalagi hrs operasi"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berapa biaya operasi septoplasty nya bang? Mohon jawabannya, saya juga ingin merencanakan operasi tsb

      Hapus
  66. Teman teman, tulang hidung saya bengkok.jika foto akan terlihat jelas bengkoknya.tapi saya tidak merasakan apa apa, nafas lancar, pokoknya tidak ada keluhan.hanya saja saya agak khawatir dan tidak percaya diri. Menurut teman teman ini bahaya atau tidak? Dan saya harus konsultasi / tidak? Karena kan saya tidak ada keluhan apapun. Terimakasih:)

    BalasHapus
  67. Haduhh saya blm brani operasi. Meskipun dah sulit napas lewat hidung. Cos sekat bengkoknya menyerupai huruf S. Dokter dah vonis harus operasi. Tersiksanya ketika flu dateng. Badan meriang ga karuan. Moga2 nanti diberanikan tuk operasi. Btw biayanya brp ya?

    BalasHapus
  68. Haduhh saya blm brani operasi. Meskipun dah sulit napas lewat hidung. Cos sekat bengkoknya menyerupai huruf S. Dokter dah vonis harus operasi. Tersiksanya ketika flu dateng. Badan meriang ga karuan. Moga2 nanti diberanikan tuk operasi. Btw biayanya brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama aku juga begitu.. Kena sinus sudah 6 tahun yang lalu. Gak pernah kontrol setelah di vonis kena sinus. Kemudian baru2 ini saya merasa sangat sakit sekali dan tidak tahan, dan saya melaukan pemeriksaan di rs terdekat setelah di ronsen ternyata hasilnya kena sinusitsi malitaris kronis bilaterla dan rhinitis. Hal ini dikarenakan pembekokan hidung. Dan di anjurkan untuk operasi. Saya takut kalau pasca operasi pemulihan nya lama.. Karena sedang banyak kegiatan kampus
      😭

      Hapus
  69. Thank you untuk pelintangpulau. Saya sudah operasi lebih kurang 3 bulan. Cek di rameramesharing.blogspot.com

    BalasHapus
  70. Terimakasih mbak atas info infonya, 1 bulan yg lalu saya pernah baca blog sebagai referensi dikarenakan saya akan menjalani operasi septum deviasi, walau banyak yg komen pasca operasi akan mampet hidungnya saya tetep yakin akan operasi ini.. Dan 4 hari yang lalu saya operasi septum deviasi ini dan sampai sekarang setelah tampon di lepas saya tetap merasakan hidung tersumbat.
    Well saya skg sih nikmatin aja semoga aja nantinya akan sehat selalu...aminnnn

    BalasHapus
  71. total biaya brp kaka operasi hidungnya .. ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sy bantu jawab mas... karena sy baru 4hr lalu jalanin operasinya. Diagnosa dokter sy rhinitis vasomotor (bkn alergi) yg menyebabkan konka2 bengkak dan selalu turun dahak dibelakang tenggorokan yg bikin sy selalu nelan lendirnya terus2an plus jg hidung bengkok. Baru 4hari lalu menjalani operasi pencabutan syaraf2 hiperaktif yg menyebabkan pembengkakan berikut pengeratan tulang yg bengkok. Istilah medis jenis operasi ini posterior nasal neurectomy. Kata dokter sih kecil skl kemungkinannya utk kambuh lagi. Hanya s.d skrg hidung msh meler dan somtime mampet. Mgk belum bener2 sembuh kali ya secara baru banget traumanya.

      Dirawat di siloam karawaci kelas 2 selama 4hari memakan biaya 33jt thank God tercover asuransi

      Perlu diketahui bahwa byj orang yg vonis operasinya langsung ke konka dll mengalami kekambuhan 1 - 2thn kemudian. Kata dokter yg paling efektif tuntaskan sampai ke syaraf. Semoga bermanfaat ya.. thanks admin

      Hapus
  72. Saya penderita jantung bengkak, apakah operasi rhinitis aman untuk penderita jantung, krn dokter sdh menyuruh operasi rhinitis krn ada tulang yg bengkok di hidung (hasil Rontgen) dan saya setiap hari merasakan hidung ini terasa mampet setelah berhenti merokok,kadang kiri..Kadang kanan., o iya Waktu msh merokok dan belum terkena penyakit jantung memang kadang2 saja hidung mampet ( saya pikir akibat dari bakat Asma diwaktu kecil), tp setelah kena jantung dan berhenti merokok justru Setiap hari sampai sekarang hidung terasa mampet, kadang kiri, kadang kanan sampai sekarang... Semoga ada yg bisa menjelaskan operasi rhinitis ini utk penderita jantung spt saya (kalo takut dan cemas, jantung ini terasa sekali debarnya)..Terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  74. Saya mau nanya nih, saya sudah operasi tulang rawan hidung bengkok 6minggu lalu, tapi sampai sekarang hidung nya masih suka alergi, apakah itu wajar saja? Dan di tenggorokan ada dahak nya. Mohon bantu jawab, trims

    BalasHapus
  75. Saya 2 tahun sakit telinga dan kepala.. secara terus menerus..
    Waktu CT scan ada sinusitis , hidung bengkok , polip maxialis
    Konka bulosa ,
    Apakah saya harus operasi utk menormalkan telinga yang sakit ???

    BalasHapus
  76. Kejadian juga sama dengan saya. Tulang hidung bengkok. Sebelumnya di tgl 5bulan 3 2017 saya operasi sedot sinusitis, kemudian ditgl 9 bulan 6 2017 saya operasi lesser pembengkakan anak hidung. Dan skrng insyaallah mau di operasi lagi dalam waktu dekat untuk meluruskan tulang yg bengkok. Mohon doa☺ trimakasih

    BalasHapus
  77. Resiko operasi hidung bengkok apa kata saudaraku aku mempunyai hidung benkok dh lama menahun dan ndak di operasi dan saudaraku bilang th 87 ada yang pasca operasi katanya gagal hidung mengalami infeksi pendarahan akirnya tiada

    BalasHapus
  78. Kurang lebih 10 tahun, saya ngerasain pernafasan lubang hidung sebelah kiri saya tidak bernafas seperti umumnya, dan benar-benar mengganggu banget untuk aktifitas apa lagi kalo itu sudah di tempat yang berdebu/dingin "MAMPETNYA dibayar tunai ^^" Sampai jumat 12.10.2017 saya betul2 tidak kuat dikarnakan tersumbatnya hidung saya mengganggu banget dan baru pertama kalinya saya ngerasain hal ini setelah 10 tahun lamanya, singkat cerita saat bertemu dokter THT di RS Islam pondok kopi, tanpa banyak bicara atau penjelasan dokter merujuk untuk oprasi di pertemuan perdana yang hanya berdurasi kurang lebih 10 menit ����. Inti dari ceritanya bagaimana mempersiapkan mental para suhu? ���� apa lagi saya belum pernah ada pengalaman oprasi mohon diberikan pencerahan

    BalasHapus
  79. Selamat Pagi, perkenalkan kami perwakilan Mahkota Medical Centre Surabaya Rep Office. kami adalah salah satu perwakilan di jawa timur. kami siap membantu dan memberikan:
    1. informasi seputar mahkota dan malaca malaysia
    2. informasi fasilitas & kesehatan
    3. Appoitment dokter dan arange perjalanan sampai akomodasi dengan Company Rate kami
    4. Second opinion langsung dari Dokter kami.
    Semua pelayanan ini FREE of Charge, walaupun hanya untuk bertanya atau sekedar second opinion dari Dokter lain kita siap membantu .Jika Membutuhkan infomasi tentang Mahkota Medical Centre Melaka Malaysia, silahkan hubungi kantor perwakilan kami….
    Surabaya Representative Office
    Mahkota Medical Centre
    Jl. Barata Jaya XIX / 31C
    Surabaya 60131 – Indonesia.
    031-5020588 / 5026502
    WA : +6281 331777697
    Line : +6281 4026 2166
    Phone : +6283 8300 28050
    Email : mmcsurabayaoffice@gmail.com
    Fb : https://www.facebook.com/mmc.surabaya
    http://mahkotamedicalcentresurabayaoffice.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  80. Wow ternyata penyakit anda sama seperti saya

    BalasHapus
  81. Apakah operasi hidung bengkok tercover di bpjs kesehatan...

    BalasHapus
  82. Alhamdulillah aku juga baru selesai operasi yah mbak,16 01 2019. Cuman aku mau nanya obatnya bisa pulihkan operasi aku yang tulang bengkok. Soalnya aku masih sesak. Karena baru aku lepas tamponnya. Terus di suruh minum obat,

    BalasHapus
  83. Sy pernah operasi krn kata dokter konka sy membesar itu Yg mmbuat hidung sy buntu,bersin2,meler..setelah operasi kontrol kurang lebih 2 minggu ternyata dokter menyarankan operasi lagi karna tulang hidung sy bengkok..disitu sy merasa kecewa streeesss bgt rasanya sia2 smua..n sy trauma krn kalian pasti tau yg sdh prnh merasakan operasi setelah operasi itu sprt apa rasany...stelah hampir 3thn sy kumat gk bisa napas buntu btl2 menderita..sy harus gimana gaeess??sy takut klw mau operasi lagi masih trauma apalagi klw gagal lagi kyp klw masih bgt lagi stelah operasi..

    BalasHapus
  84. Mbak, hidung saya bengkok gegara berantem pas smp kelas 1, sekarang sudah sekitar 20 tahun yang lalu, gangguan sih gak ada walaupun bengkoknya menurut saya lumayan parah, yang mau saya tanyakan, apakah bisa dilakukan operasi karena sudah selama itu bengkoknya..?? Trus tulang hidung saya yang bengkok ini diapain, di ambil atau di geser sesuai tempat semestinya? Makasih mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga gitu sis, kena jedokan sepak bola, terus pintu. langsung +- 10 tahun kemudian operasi deviasi septum... kalau ingin tanya tanya bisa ke 083-80-800-80-88. aku juga ada souvernir hasil tulang hidung di cabut

      Hapus
    2. tulang hidung dicabut trus tulangnya diganti pake apa, mbak?

      Hapus
  85. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  86. Hallo ka, mau bertanya konka hidung membesar dah tulang hidung berbelok menyebabkan bau mulut, terimakasih ka

    BalasHapus
  87. Maaf ka mau tanya.hb op gitu penciuman jadi berkurang gak

    BalasHapus
  88. Mba ijin bertanya, kira2 sewktu mengalami keluhan tht apa sempat tdk bisa mencium bau? Karena saya sdh berobat dan disampaikan radang syaraf dikarenakan kemungkinan virus, sudah diberikan obat, sekarang sdh bisa mencium bau tapi tdk sepenuhnya, dan merasa di hidung ada lapisan yg menyelubungi lalu saya coba konsul ke halodoc dan diberikan advice conchotomy septoplasty, bagaimana saya sebaiknya bertindak ya mba? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy sprti itu mbak..penciuman berkurang..bisa bagi no.wa mb

      Hapus
  89. Saya juga baru seminggu lalu operasi deviasi septik (hidung bengkok) setelah itu saya raba hidung saya kok kayak ada ganjel² seperti daging, itu apa ya??Apakah itu jahitan??

    BalasHapus
  90. Membaca kisah mbak menyentuh hati saya, saya Yoyok ( Prasetyo ) dari Kudus. Saya sudah beberapa tahun yang lalu dan kini sudah sampai 2021 juga mengalami seperti mbak tulang hidung bengkok, saya di sarankan dokter untuk operasi tapi belum terlaksana. Gimana perkembangan mbak pasca di operasi sampai kini ( 2021 ) apakah ada efek samping nya ? Saya butuh saran dan nasihat mbak. Saya juga punya riwayat saraf di kepala sering pusing. Tolong hubungi saya WA 081226653778

    BalasHapus
  91. Sama percis yang mbak alami seperti saya belum lama tgl 3 agustus ini saya operasi deviasi septum dan sudah satu minggu setelah operasi deviasi septum alhamdulilah ada perkembangan sedikit demi sedikit tetapi nafas masih berisik karna ada sumbatan dan ketika saya ngeluarin dahak suka ada campur darah dikit,pertama gejala awalnya bersin,hidung tersumbat tpi nggak flu dan nafas kurang plong sudah berobat 4x belum sembuh" hidung tersumbatnya akhirnya saya konsul ke dokter tht ternyata ada konka dan tulang hidung yg bengkok dan disarankan utk operasi dan sya memilih utk operasi karna jln satu satunya utk sembuh adalah operasi dan alhamdulilah sampai sekarang mampetnya agak mulai enakan lagi....

    BalasHapus
  92. Saya mau tanya mbak,kalo boleh tau mbak setelah dioperasi seminggu kemudian ketika buang dahar atau air liur suka ada bercampur darahnya enggak yah? Maap tlng jawab yah mbak....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

A Long Road to Get Drivers License in NC

Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas