Semangat Baru


Hari-hari terakhir ini, ada semacam rasa senang yang tidak terungkapkan..
Semacam keceriaan, kegembiraan, dan kebahagiaan yang sudah lama terpendam.
Rasanya
Seperti terlahir kembali
Hampir 5-6 tahun yang lalu

Ya, aku bahagia
Meski harus tidak terungkap

Ya, aku bisa berenang lagi

Terdengar aneh?

Hhahaha.. mungkin iya bagi yang tidak tahu riwayat kesehatanku.
Please jangan dikaitkan dengan penyakit kulit dan semacamnya ya..

Sekitar dua tahun yang lalu, aku menjalani operasi plastik gendang telinga sebelah kiri. Sekaligus operasi pembersihan otot-otot pada rongga hidung. Hal ini darurat dilakukan karena gendang telinga sebelah kiri sudah robek dan selama itu aku merasa ketidakseimbangan. Ti
ap berjalan rasanya miring kekiri dan kekanan. Kalau berbicara rasanya seperti menggema dan tentu saja aku sulit mendengar suara-suara rendah.


Praoperasi aku dirontgen untuk melihat anatomi tulang tengkorak dan dada. Saat itulah baru ketahuan, ternyata pemicu pecahnya gendang telinga ini adalah faktor bawaan dari kecil. Tulang hidungku bengkok ke kanan. Ini menyebabkan volume udara lubang hidung kiri dan kanan tidak sama. Sementara yang kita tahu hidung dan telinga terhubung oleh saluran eustachius. Bisa dibayangkan, ketika aku terserang pilek dan flu. Rongga tersebut akan berisi lendir (ingus) yang bercampur bakteri dan virus. Saat aku memaksa ingus keluar maka tekanan
tiap rongga berbeda. Semakin aku memaksa, tekanan semakin besar, dan lama-lama pecahlah itu gendang telinga.

Pemicu lainnya adalah alergi rhinitis. Alergi pada debu, udara lembab, kipas angin, AC, dll. Parahnya alergi ini paling sering muncul kalau aku telat makan, hahahaa (ini serius lh
o). Kalau alergi kumat, praktis aku tidak bisa kemana-mana. Masalahnya aku pasti bersin terus menerus, ingus cair dan bening keluar dari hidung, mata berair, daerah muka terasa gatal, dll. Hanya melongo di kosan, tidur-tiduran, nothing to do.
Than, tekanan dari bersin dan ingus yang dikeluarkan paksa inilah yang memicu gendang telinga pecah. Jadi waktu itu, aku sangat menghindari beres-beres kosan, hahaa (alasan jitu!).

Pemicu terberat adalah kebiasaan renangku. Aku sangat hobi berenang. Bisa dibilang renang adalah aktifitas yang paling aku suka (setelah makan, shopping, dan perawatan :)) ). Se
tiap ada waktu, pasti yang terfikir adalah berenang (waktu itu). Jadilah aku sering berenang.

Masalah nya adalah...
Ketika ada air yang masuk ketelingaku, air tersebut tidak bisa keluar
Walaupun sudah dipancing-pancing, tubuh posisi miring, sampai loncat-loncat, air yang masuk pasti tidak keluar. Kita tau air kolam renang pasti bercampur dengan segala bakteri, jamur, virus, dll. Finally telingaku infeksi dan bermasalah.
Bayangkan, tiap aku habis berenang, pasti besok-lusanya langsung ke dokter THT.
Mengerikan!

Karena seringnya ke dokter THT (dari jaman SD), aku bahkan sudah hapal obat yan
g harus diminum. Sering juga diberi obat tetes telinga. Sampai aku dan dokter sudah sama-sama bosan, hahaha. Nasehat yang diberikan juga aku sudah tahu diluar kepala.
JANGAN BERENANG DAN SERING-SERING OLAHRAGA. Thats all.

Dasar bandel dan menganggap remeh, aku selalu melanggarnya. Berenang lagi.. Berenang lagi..
Sampai akhirnya pak dokter bilang:

"KALAU TIDAK BERENANG, KAMU GA AKAN MATI KAN?"


* Aku tercekat dan terdiam (tapi masih bisa senyum-senyum)

Whaau! tuh kata-kata terus menggema sampai sekarang. Ckckckk..

---------------------------------------------------------------------
Akhirnya sampai lah si anak bandel di tahap operasi gendang telinga!
Aku kira masalah selesai..
Pak dokter yang baru bilang: " Sebaiknya setelah operasi kamu tidak usah berena
ng-berenang lagi"
Aku: " Masa dok? tidak boleh sama sekali?"
Pak dokter: " Mungkin bisa, tapi 1-2 tahun dari sekarang"
Aku: menarik nafas, antara lega dan tidak

Setelah itu, aku menyimpan baju renang jauh-jauh dari lemari pakaian.

-------------------------------------------------------------------------------------------------
Sekarang, dua tahun itu sudah lewat.
Aku mulai berenang lagi minggu lalu..


And..
Nothing was happen..
You know? how am i happy?
It can't typewrite or spell aloud!!

YEEEEY!!!
Now, i can swimming again.
Whaaaaau!

Pagi tadi juga begitu bangun tidur, aku langsung menuju kolam renang... Sampai tengah hari. :))

Aku seolah menemukan aku yang dulu, aku yang remaja, aku yang bandel, dan aku yang selalu bersemangat, hahaaa...
Yeeeey! It's ME!
-----------------------------------------------------------------------------------------------
Oia, agaknya besok-besok aku harus survey kacamata renang (goggle)
Ada yang tahu harganya berapa*??

*Sedang bersemangat

Komentar

  1. deg!, aku terhenti sejenak ketika di kalimat 'volume udara lubang hidung kiri dan kanan tidak sama', tersadar ada nikmat Tuhan yang luput aku syukuri. terimakasih telah berbagi cerita, berbagi pengetahuan. semoga lekas sembuh ukhti....(panggilan lain selain dedek.....dsb)

    BalasHapus
  2. Hheeheee.. wah makasih mas sudah mampir ke blog saya. oia terimakasih jg doanya..
    memang ketika sakitlah kita baru merasakan nikmatnya sehat.
    saya paling biasa dipanggil dedek ato ubo saja kok mas, :P
    salam kenal

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Operasi Tulang Hidung Bengkok

A Long Road to Get Drivers License in NC

Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas