Jadi Mikir Lagi





Berasa deh ilmu pengetahuan itu tidak ada matinya, sama seperti peningkatan tekhnologi dan penguakan sejarah. Selalu mengalami kemajuan, dan semakin membuat saya malu akan sedikit sekali pengetahuan yang saya miliki.

Kejadian di Berau kemarin membuat saya melek. Predikat Sarjana Pertanian dengan Mayor Proteksi Tanaman yang saya emban rasanya kurang layak saat menghadapi pertanyaan-pertanyaan petani di lapangan. Padahal yang ditanyakan itu bidang saya banget.

"Ini obatnya apa ya mba?" tanya pak petani seraya menunjukkan bagian daun padi yang transparan.
"Apa ya pak, ini kalau saya belajar namanya hama putih palsu, tapi saya kurang tau gimana cara mengatasinya" jawab saya. Ah sungguh jawaban yang tidak berbobot, saya bahkan lupa dengan nama ilmiah hama tersebut. Padahal saat kuliah kami harus menggambar serangga hama tersebut dari telur, larva, sampai imagonya.

"Disini mba, masalah hamanya cuma dua, hama putih sama keong mas, tapi ya itu petani maunya hasil yang instan, kami sudah menyarankan menggunakan beberapa metode mekanik untuk menyelamatkan padi mereka", Penyuluh Pertanian Pak Giyono menjelaskan seraya menambahkan "mereka maunya sekali semprot langsung habis, ya tidak bisa begitulah. Yang terjadi malah hamanya menjadi resisten".

Huah, saya hanya bisa mengamini.

Penyuluh pertanian memang menjadi andalan bagi petani. Mereka bisa mengajukan segala pertanyaan. Walaupun sebagian dari mereka mungkin tidak berasal dari perguruan tinggi terkenal dengan bidang yang sangat sesuai, tapi mereka selalu jadi tempat bertanya. Apalagi penyuluh hama, kata warga sekitar malah sangat disegani petani karena solutif.

Pertanyaannya adalah, kemanakah para lulusan Fakultas Pertanian?

Menengok diri sendiri, saya jadi bertanya kembali, sebenarnya apa yang melatarbelakangi saya mengambil jurusan pertanian? heyaaa..

Sepertinya sudah saatnya saya tersadar :D

*Foto by Lasti F

Komentar

  1. :D
    Ah, tul kali... Kudu refresh ilmu lg. Salut sama yg terjun ke lapangan :D

    BalasHapus
  2. bener banget ni, ternyata udh byk bgt yg terlupakan :(

    BalasHapus
  3. satujuh bo.. ilmu2 gw juga udah pada menguap nih :-(

    BalasHapus
  4. biar ngga nguap, gmn kalo kita kekep n tampung airnya, heehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Operasi Tulang Hidung Bengkok

A Long Road to Get Drivers License in NC

Padang Bulan dan Cinta di Dalam Gelas